Header Ads

5 Dampak Emosi Yang Bisa Mematikan

Tak bisa kontrol emosi, kata itulah yang paling tepat ditujukan pada orang yang mudah marah atau memiliki kebiasaan marah-marah. Akibat tak bisa kontrol emosi banyak orang yang akhirnya menjadi budak dari emosi mereka sendiri. Jika sudah demikian, emosi bisa menjadi boomerang yang menyerang diri sendiri. Emosi bisa menyebabkan permasalahan serius, bahkan memilki dampak mematikan. Berikut 5 dampak mematikan yang bisa terjadi akibat tak bisa kontrol emosi.

Emosi merupakan ungkapan atau luapan perasaan manusia dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan. Emosi bisa berupa emosi positif seperti bahagia, gembira, suka, ceria, semangat, cinta, kekaguman dan lain sebagainya. Sebaliknya, emosi juga bisa berupa emosi negatif seperti sedih, benci, kecewa, marah, dan masih banyak yang lainnya. Sudah seharusnya kita bisa mengontrol dan mengelola emosi yang ada dalam diri kita. Jika tidak, 5 dampak mematikan akibat tak bisa kontrol emosi bisa mengancam keselamatan kita. 5 dampak mematikan akibat tak bisa kontrol emosi antara lain sebagai berikut.

5 dampak mematikan akibat tak bisa kontrol emosi:

1. Menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit akan mudah melemah dan menurun jika Anda tak bisa mengontrol emosi. Emosi yang tidak terkontrol, menyebabkan produksi hormon stres dalam tubuh meningkat tajam. Akibatnya hormon-hormon ini menyerang dan merusak semua fungsi organ tubuh yang pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit. Menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi akibat tak bisa mengontrol emosi, meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit, seperti serangan jantung, stroke, kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya.

3. empercepat proses penuaan. Kondisi emosional yang tak terkontrol akan mengaktifkan hormon stres dalam tubuh yang akan mempercepat proses kerja seluruh fungsi organ dalam tubuh, hingga mempercepat keausan dan proses penuaan yang terjadi. Selain itu, saat tak bisa mengontrol emosi, otot-otot tubuh menjadi lebih tegang sehingga mempercepat munculnya keriput pada wajah maupun pada bagian tubuh lain.

4. Mempersingkat usia seseorang. Sebuah penelitian menujukkan, sering marah bisa mempercepat kematian seseorang. Hal ini terjadi karena saat marah, berbagai organ tubuh seperti jantung, otak, pembuluh darah dan lain-lain bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga mengakibatkan munculnya berbagai gangguan kesehatan dan mempercepat proses penuaan yang pada akhirnya dapat mempersingkat usia seseorang.

5. Menyebabkan kematian mendadak. Kondisi emosional yang tidak stabil saat tak bisa mengontrol emosi dapat menyebabkan kematian mendadak akibat serangan jantung, stroke, dll.

Agar 5 dampak mematikan akibat tak bisa kontrol emosi seperti di atas tidak terjadi pada Anda, tentu yang harus Anda lakukan adalah mengontrol dan mengendalikan emosi Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.