Header Ads

Ada Obyek Wisata Alam Hutan Mangrove di Desa Labuhan-Bangkalan

Hutan Mangrove bukan saja berfungsi untuk menjaga kelestarian bumi tapi sebagai salah satu wahana wisata edukasi dan pilihan berlibur bagi keluarga. Akhir-akhir ini banyak tempat yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia yang menyediakan wisata Hutan Mangrove. Seperti di Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta yang banyak memberikan fasilitas wisata untuk berlibur.

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Mengapa harus Hutan Mangrove? Tahukah kalian jika banyak sekali Manfaat Hutan Mangrove atau Hutan Bakau untuk Kehidupan Alam jadi sangat layak untuk dikembangbiakkan, beberapa manfaatnya adalah Bahan untuk membuat Arang Kayu, Bahan Pewarna dan Kosmetik, Bahan Pangan dan Minuman selain itu tempat berkembangbiak berbagai biota laut seperti Kepiting Bakau, Biawak, Udang, dll

Pelestarian Hutan Mangrove sangat penting karna juga untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan oleh air laut, serta meredam gelombang besar seperti Tsunami yang banyak terjadi terutama di Jepang. by: Wikipedia Hutan Bakau

Di Madura Ada Wisata Hutan Mangrove !

Benar sekali, di Madura tepatnya di Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan terdapat Wahana Wisata Hutan Mangrove. Belum banyak masyarakat yang tahu akan keberadaan objek wisata alam yang satu ini. Pada saat Tim Gerbang Pulau Madura sampai disana sangat mengejutkan sekali karena tempat dan fasilitasnya yang sudah siap untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Taman Pendidikan Mangrove Labuhan ini terletak di desa Labuhan Kecamatan Sepulu atau sekitar 40 Km dari arah utara Kota Bangkalan sebelum Pantai Siring Kemuning. Sebenarnya menyeberang sedikit tepatnya di Kota Surabaya terdapat objek wisata yang sama yakni Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Tapi tidak ada salahnya jika teman-teman datang berkunjung di Hutan Mangrove milik orang Madura ini.

Kawasan hutan Mangrove Labuhan ini sebenarnya adalah bekas kawasan tambak yang diubah menjadi area konservasi Mangrove. Kemudian dikembangkan menjadi Taman Pendidikan Mangrove oleh Kelompok Tani Mangrove “Cemara Sejahtera” yang merupakan kelompok binaan PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore. (DETIK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.