Header Ads

Polsek Bugul Kidul Ikut Andil Dalam Pengamanan Haul Di Ponpes Sabiluth Toyyib

Pasuruan, Delapanenam.com | Suasana haul atau peringatan hari wafatnya KH. Thoyyib Bin Abd. Salam yang ke-51 berlangsung sangat Khidmat, Minggu, 03/09/2017. Kegiatan haul kali ini ditempatkan di Pondok Pesantren Sabiluth Thoyyib, Jl. Cemara Kelurahan Bugul Lor Kota Pasuruan.  Acara yang dihadiri beberapa tokoh itu, dimulai sekitar pukul 08.00 Wib hingga pukul 11.30 siang.

Diantara Tokoh yang hadir dalam acara tersebut adalah Ketua MUI Kota Pasuruan KH. Said Kholil, KH. Nawawi, Habib Tauiq Assegaf, dan sejumlah tokoh dari kalangan Kiyai dan Habaib Pasuruan. Ratusan jamaah yang hadir dalam acara itu terlihat begitu khusuk mengikuti acara mulai dari awal hingga selesai.

Dalam acara ini juga di isi dengan acara ceramah yang di sampaikan KH. Bukhori Amin dari Kota dingin malang. Isi ceramahnya dirinya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan sejarah Pondok serta Almaruhum KH. Thoyyib. Dia mengatakan, Pondok KH. Thoyyib merupakan salah satu pondok tua yang  berada di Pasuruan.

Di acara itu, Habib Taufiq yang merupakan tokoh Pasuruan juga menyampaikan tausiahnya di hadapan ratusan jamaah. Dia juga menyinggung bahwa KH. Thoyyib merupakan tokoh sederhana yang  tidak banyak bicara. "Figur Almagfurlah KH. Thoyyib adalah sosok yang tak banyak bicara, namun dari wajahnya beliau kelihatan sering sujud tiap malam" Ungkap habib Taufiq dalam ceramahnya.

Dalam ceramahnya, dirinya juga berpesan, agar para jamaah bisa mengikuti langkah  Kiyai dan Habaib terdahulu. "Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan serta merta mencabutnya dari hati manusia. Akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ‘ulama" Kutip sebagian ceramah habib Pasuruan itu.

Untuk membantu kelancaran acara itu, beberapa personil keamanan diturunkan, mulai Anggota Kepolisian sektor Bugul kidul dan Banser Kota Pasuruan. Terlihat Pula Kapolsek AKP Maryono, ikut memantau acara yang digelar setahun sekali itu. pengamanan juga dilakukan para petugas kepolisian saat mereka para jemaah pulang dari acara haul. (Yudie)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.