Header Ads

75 Pelajar SLTA dan SLTP Kecamatan Widang Digembleng Dalam Diklat SWK


Tuban, DELAPANENAM.COM -     Komandan Koramil (Danramil) 0811/08 Widang Kapten Czi Khoiril Anwar menutup pendidikan danlatihan (Diklat) Saka Wira kartika dibumi perkemahan Sundulan Desa Sumberagung Kabupaten Tuban, Minggu (21/01).

Kegiatan Diklat yang dilaksanakan selama 3 hari (Jumat s.d Minggu) tersebut, diikuti oleh 57 orang siswa-siswi SLTA dan SLTP sederajat yang terdiri dari 20 peserta putra dan 53 putri. Dimana mereka dikader kedalam gabungan Pramuka SWK Koramil 0811/08 Widang.

Kegiatan Diklat Angkatan Ke-2 tersebut digelar sebagai salah satu upaya pembinaan pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi mudayang berkarakter. Selain itu, untuk menanamkan berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Bangsa guna menjaga Keutuhan NKRI.

Selama kegiatan latihan, para siswa-siswi tersebut diajarkan tentang kedisiplinan dan jiwa korsa dalam semangat kebersamaan.

Adapun kegiatan hari pertama, Jumat (19/01) anggota Saka Wira Kartika itu melakukan kegiatan Survival dengan cara bertahan hidup dan mandiri untuk mengatasi kesulitan saat tersesat ataupun dalam keadaan ditengah hutan. Kemudian malam harinya diisi dengan sosialisasi kesakaan dan Sosialisasi Krida-krida Pramuka SWK binaan TNI AD dimana peserta ditekankan untuk menguasai Matra Darat.

Sedangkan hari kedua, Sabtu (20/01) mereka melanjutkan kegiatan dengan pembagian pos-pos krida, diantaranya pos krida Navrat, Pioner, PPGD, mountenering dan Survival.

Selama kegiatan itu, anggota Saka Wira Kartika harus melewati 5 pos. Tiap pos tersebut panitia telah menyiapkan materi-materi yang harus di jalankan oleh Peserta.

Disamping itu, mereka juga harus menjalani tradisi menempuh Badge Saka Wira Kartika dengan melakukan giat. Jurit malam dengan han mars dan melewati rintangan basah serta tempat yang dianggap angker seperti kuburan dan sebagainya.

Personel Koramil 0811/08 Widang yang dilibatkan dalam Diklat Saka Wira Kartika, antara lain Pelda Supriyadi, Serka Rateno, Serka Mustayin dan Kopda Asrin, dan dibantu pula instruktur dan pendamping dari tiap-tiap sekolah.  (Penrem 082/CPYJ).




         

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.