Header Ads

Rapat RDKK Dan Evaluasi Penyerapan Pupuk Bersubsidi Di Sumbergedang

PASURUAN,  DELAPANENAM.COM - Hari Sabtu  (27/01)  sekitar Pukul 21.00  WIB Babinsa Desa Sumbergedang kecamatan Pandaan, (Serda Manshur) menghadiri rapat evaluasi penyerapan pupuk bersubsidi dan penyusunan rencana definitif kebutuhan kelompok ( RDKK ) tahun 2018 di balai Desa Sumbergedang.

Dalam kegiatan rapat evaluasi tersebut  juga turut hadir PPL Kec. Pandaan, Gapoktan dan Poktan. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung peningkatan swasembada Pangan nasional. 

Tujuan penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi adalah membantu petani, pekebun, peternak dan petambak untuk merencanakan usulan pengadaan pupuk dengan penyediaan pupuk bersubsidi sesuai azas 6 (enam) tepat (tepat jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu dan harga).

RDKK Pupuk Bersubsidi merupakan rencana kebutuhan pupuk poktan selama satu tahun, yang selanjutnya dilakukan rekapitulasi secara berjenjang dari tingkat desa sampai tingkat pusat. Hasil rekapitulasi tersebut digunakan sebagai dasar usulan kebutuhan pupuk bersubsidi tingkat nasional tahun berikutnya. RDKK Pupuk Bersubsidi tersebut sekaligus juga digunakan sebagai alat pesanan pupuk bersubsidi kepada penyalur/pengecer resmi pupuk bersubsidi.

Fasilitasi pupuk bersubsidi diberikan kepada petani dengan luas lahan maksimal seluas dua hektar dan satu hektar bagi petambak serta hanya akan diberikan kepada setiap petani yang bergabung dalam poktan. Pengurus poktan diharapkan dapat memotivasi petani lainnya untuk bergabung dalam poktan serta bersama-sama menyusun RDKK Pupuk Bersubsidi.

Penulis  :  Anto(A)
Editor    : Tatag

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.