Breaking News

Keceriaan Pelajar Dalam Pembekalan Wawasan Kebangsaan Bersama Si Mokos


LAMONGAN -  Koramil Jajaran Kodim 0812 Lamongan kali ini mensosialisasikan kembali keberadaan Si-Mokos di kab Lamongan , kali ini Koramil 0812/07 Bluluk yang mengoperasionalkan dan mengenalkan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaannya, yakni di MI Miftakhul Amal Bluluk, Rabu (11/04/18).

Danramil 0812/07 Bluluk Kapten Kav Sumaji yang dampingi Muspika Kec Bluluk beserta Anggota Koramil dan Polsek mengenalkan Si-Mokos kepada Siswa-siswi Sekolah,” Kehadiran Tim Si-Mokos disambut gembira kepada pelajar dan disambut positif oleh Kepala Sekolah, beserta dewan guru dan para siswa.

Berikutnya, di hadapan sekitar  310 siswa-siswi, Danramil beserta Muspika Kec Bluluk dan  Babinsa memberikan penjelasan tentang Si-Mokos yang merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial disingkat SI-MOKOS. “Si-Mokos ini wujudnya berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter,” terangnya.

Melalui Si-Mokos, diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada para siswa tentang wawasan kebangsaan yang meliputi nilai-nilai bela negara dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara atau empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Disamping itu, kehadiran SI-Mokos juga akan mengenalkan materi kedisiplinan dan memotivasi siswa-siswi untuk gemar membaca. “Ini semua dilakukan untuk menunjang pembentukan karakter bagi para siswa,” tuturnya.

Kegembiraan Para siswa Siswi tampak sangat antusias, ketika Danramil 0812/07Bluluk Kapten Kav Sumaji menjelaskan materi Wasbang, kedisiplinan dilanjutkan materi permainan outbond yang dipandu oleh Babinsa seperti bola tali, water estafet, holahop, dan permadani terbang juga dikenalkan dan dipraktekan untuk para siswa. Sebelumnya para siswa juga diajak untuk membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan mini SI-Mokos dan menyaksikan pemutaran film tentang TNI. (Penrem 082/CPYJ/red).

Tidak ada komentar