Header Ads

Masjid Agung Tiban Malang

foto: detik

Bagi warga masyarakat khususnya sekitar Malang tak asing lagi dengan Masjid Tiban di Malang, Masjid Tiban atau Masjid Jin. Masjid yang berlokasi di Malang ini tepatnya berada di RT 27/ RW 06, Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Malang, adalah masjid yang berhasil menarik sorot mata traveler untuk datang berkunjung, menyaksikan kemegahan masjid yang konon dibuat oleh jin. Masjid Tiban atau Masjid Turen ini memiliki daya tarik tersendiri dengan keunikannya.

Menaranya banyak penuh dengan kaligrafi di antara tembok-temboknya. Bendera Merah Putih yang berukuran raksasa dapat sahabat temui di Masjid Tiban ini. Bangunan masjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih itu memang berada di tengah-tengah pemukiman yang padat. Jarak dari jalan raya menuju lokasi, sekitar satu kilometer. Namun karena bentuk bangunannya menjulang tinggi, orang bisa langsung melihatnya dari jalan raya.


Kadang masyarakat pun menyebutnya Masjid Turen. Masjid unik ini pertama kali dibangun pada tahun 1978 Dengan 10 lantai, bangunan ini memiliki fungsinya masing-masing hingga tempat penjualan suvenir khas masjid. Inip un akan sahabat traveler dapatkan ketika berkunjung ke masjid ini.

Masjid tersebut kini juga kerap dikunjungi masyarakat yang penasaran dengan masjid tersebut. Oleh sebab itu sepanjang jalan menuju lokasi kini dipenuhi para pedagang dari masyarakat sekitar masjid. Sementara kendaraan besar harus parkir di pingir jalan raya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.