Header Ads

Tari "Penyambung Rajaki Wan Adat" Tampil Sebagai Juara Lomba Tari Kreasi di Kodim Barabai




Barabai Kalsel. Lomba Tari kreasi dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 1002/Barabai triwulan III tahun anggaran 2019 sukses digelar di Aula Sapta Marga Makodim Jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah,pada Kamis (15/8).

Dijelaskan oleh Pasiterdim 1002/Barabai Kapten Inf Moh. Alip Suroso sekaligus Ketua pelaksanaan kegiatan lomba Tari kreasi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memelihara dan meningkatkan ke eratan hubungan Kodim 1002/Barabai dengan masyarakat umum, pelajar dan komponen bangsa, dalam rangka mengangkat kearifan lokal dan kultur budaya daerah serta keinginan peran sertanya untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan,"ujarnya.

Lebih lanjut Moh. Alip menjelaskan bahwa lomba Tari diikuti oleh 13 Tim dari sekolah tingkat SMA atau sederajat se kabupaten Hulu Sungai Tengah,setelah melalui penjurian yang obyektif dan selektif oleh Tim juri yang terdiri dari Bapak Hayani Zaini, Ernawati,S.Pd dan M.Ilham,S.Pd akhirnya memutuskan para juara dalam lomba Tari kreasi komsos kreatif Kodim 1002/Barabai.

Tampil dengan tarian yang bejudul Tari Penyambung Rajaki Wan Adat, SMA Negeri 1 Barabai dengan 332 poin berhak menyandang predikat juara pertama lomba Tari kreasi dalam rangka komsos kreatif Kodim 1002/Barabai Triwulan III tahun anggaran 2019, Tari yang mengusung tema adat istiadat masyarakat pegunungan Meratus dalam memenuhi kebutuhan hidup yang banyak tergantung pada satu alam salah satunya bertani dengan cara manggil, hasil padi yang diperoleh dibagi menjadi beberapa bagian, ada yang disimpan untuk bibit, digunakan untuk upacara adat sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang Pencipta.

Disusul diperingkat kedua MAN 1 Hulu Sungai Tengah dengan nilai 319 Poin Tari kreasi yang berjudul Sumangat Tri Kesuma, tarian ini lahir di bumi murakata saat perjuangan perlawanan terhadap penjajahan kolonial Belanda dan ber tranformasi ke zaman sekarang untuk melawan Nepotisme, Kriminalitas,Korupsi, Kehancuran Lingkungan dan bentuk ketidakadilan,

Sedangkan di peringkat  ketiga dari SMA Negeri 4 Barabai dengan nilai 318 poin membawakan Tari kreasi yang berjudul Jukung Bagambir. Tarian ini menggambarkan alat transportasi masyarakat Barito, atau kehidupan masyarakat dan pergaulan pemuda pemudi yang berada dipesisir Sungai Barito.

Selamat bagi para juara, bagi yang belum berhasil teruslah berlatih untuk melestarikan tarian tradisional sebagai warisan budaya bangsa,"pungkas Moh.Alip.(pendim1002).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.