Header Ads

Oknum Plt Kepala Sekolah Diduga Handel Sendiri Dana Bantuan DAK SDN Sumbersuko

Pasuruan, Delapanenam.com | Kejadian ambruknya salah satu SDN di Pandaan beberapa hari yang lalu, menjadi catatan buruk bagi dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan dalam hal bangunan. Peristiwa naas di kecamatan Pandaan itu sempat viral di Media Masa dan mengundang komentar dari beberapa pihak termasuk Bupati Irsyad Yusuf.

Dari kejadian itu munculah berbagai laporan masyarakat terkait dana yang dikucurkan pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk perbaikan gedung pendidikan. Salah satunya adalah SDN Sumbersuko Kecamatan Kejayan, yang tahun ini merupakan salah satu SD yang mendapatkan bantuan DAK rehab fisik dari APBD Kabupaten Pasuruan.

Namun Informasi yang didapat, bahwa dalam pembangunan tersebut, panitia pembangunan tidak difungsikan, bahkan beredar kabar seorang Ketua Panitia, Komitepun tidak dilibatkan dalam pembelanjaan. disinyalir semuanya di handle oleh oknum Plt kepala Sekolah.

Menurut Solikhati , selaku Ketua panitia mengatakan, bahwa dana yang sudah terserap sudah hampir 60 %. Namun saat dirinya tidak tahu menahu tentang hal tersebut.  “ Silahkan bertanya sendiri kepada Plt Kepala Sekolahnya mas,  saya tidak tahu menahu soal itu, “ jawab Solikhati lirih. Menurut pengakuan Solikhati, dirinya hanya diajak ketika proses pencairan di Bank,  setelah itu dirinya tidak dilibatkan apapun sebagai Ketua Panitia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Khojin selaku ketua komite SDN Sumbersuko. Khojin menceritakan secara panjang lebar kepada media tentang perilaku plt Kepala SDN Sumbersuko itu. “ Dari awal Pak Sutanak mengatakan kepada saya bahwa pekerjaan rehab itu diborongkan kepada CV. Sinar Mulya, ternyata belakangan saya ketahui bahwa semua bon pembelian ditulis atas nama Sutamak sendiri.,” ucap Khojin kepada media. Khojin juga curiga bahwa semua bon yang diperlihatkan Sutamak kepadanya adalah bon abal-abal.

“ Masak mas,  untuk perbaikan plafon saja dia mengaku habis 38 juta rupiah,  padahal kalau saya yang borong itu 25 juta sudah jadi,“ ucap Khojin kesal.

Sutamak selaku Plt Kepala SDN Sumbersuko, menepis semua tuduhan yang berkembang. Bahkan Sutamak melalui sambungan telepon menyuruh agar media dan LSM menemui pimpinannya yaitu H. Hasbulloh di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. (Yudie)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.