Header Ads

Mantab, Prajurit Puslat Opsla Kodiklatal Gelar Latihan Penanggulangan Huru Hara




Surabaya -  Dalam rangka menambah kemampuan dan profesionalisme dalam penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban, sebanyak satu peleton Prajurit yang berdinas di Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang dilaksanakan di lapangan Apel Puslatopsla Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Latihan PHH yang merupakan kegiatan Pembinaan Operasi Latihan (Binopslat) Puslatopsla Kodiklatal TW II tahun 2019 tersebut di pimpin langsung Komandan Satuan Latihan Matra laut (Dansatmatla) Puslatopsla Letkol Laut (P) Mansyur yang bekerja sama dengan Staf Operasi (Sops) Denmako Kodiklatal.

Disela-sela Latihan Dansatmatla Puslatopsla Letkol Laut (P) Mansyur menyampaikan bahwa latihan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan operasi di Puslatopsla dengan penangung jawab Latihan Komandan Puslat Opsla. Adapun kegiatan pembinaan lainya selain PHH adalah latihan bongkar pasang senjata, latihan menembak, latihan penanggulangan kebakaran.

Lebih lanjut disampaikan bahwa para prajurit Puslatopsla TW II ini menggelar latihan penanggulangan Huru hara sekaligus untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat paska pelaksanaan pemilu beberapa waktu yang lalu. Menurutnya latihan ini juga sebagai penyegaran kembali bagi para prajurit yang sebelumnya pernah mendapatkan pelatihan baik di Kodiklatal maupun dari Kotama lain untuk personil baru.

Adapun materi latihan PHH ini meliputi gerakan dasar dalam pembentukan formasi, bentuk formasi dalam pengendalian massa dan diakhiri dengan simulasi penanggulangan kerusuhan serta pertolongan terhadap korban. Dalam kegiatan latihan tersebut para prajurit terlihat sangat semangat dan antusias, mereka mengikuti tahapan-tahapan materi yang diberikan, dari mulai cara penggunaan alat dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam menghadapi massa yang sifat dan karakternya berbeda.   (Dispenal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.