Header Ads

TNI/Polri HST Gelar Buka Puasa Bersama dan Peringati Nuzulul Qur'an 1440 H/2019 M





Barabai Kalsel. Bertempat di Ruang Rapat Utama Mapolres Hulu Sungai Tengah Jl. Ir. Pangeran H. M. Noor No.29 Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah. TNI/Polri menggelar acara buka puasa bersama dipadu dengan peringatan Nuzulul Qur'an 1440 H/2019 bersama Forkopimda HST dan masyarakat Barabai, pada Senin, (27/5/2019).

Acara yang dihadiri oleh Sekda Kab HST H Akhmad Tamzil S. IP, MM, Ketua DPRD HST H. Saban Effendi, SH, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo S.I.K, M.H, Dandim 1002/Barabai    Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE, M.M, Danyon 621/MTG Letkol Inf Muh. Ishak H.B S.I.P., M.I.Pol, Perwakilan Kejaksaan Negeri Barabai, Kasdim 1002/Barabai Mayor Inf H. Pahrijani, Waka Polres HST Kompol Sarjaini ,Ketua MUI Kab. HST KH. Wajihuddin Shaleh, Ketua NU Kab. HST KH. Nawawi Hasan, HS. Ketua Muhammadiyah Kab. HST H.M Supiyanoor, Anggota TNI - POLRI Kab. HST, Pimpinan BUMN dan BUMD Kab. HST, Para Alim Ulama dan Para Habaib dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Barabai diisi dengan tauziah atau ceramah yang disampaikan oleh KH. Abdul Gafar.

Dalam sambutan Bupati HST yang disampaikan oleh  Sekda Kab HST H Akhmad Tamzil S. IP, MM bahwa Peringatan nuzulul qur'an memiliki nilai begitu penting karena kitab suci al qur'an yang turun kepada nabi Muhammad SAW merupakan rahmat. Kita harus tingkatkan kewaspadaan karena secara umum dinamika politik mengalami kenaikan suhu seperti fenomena yang terjadi saat ini. Sudah sepantasnya kita menempatkan al'quran sebagai imam dan pedoman hidup yang baik dan benar, ujarnya.

Sementara itu Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo S.I.K, M.H  dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Masyarakat banyak yang disuguhkan dengan berbagai informasi media sosial yang sebagian tidak bisa dipertanggungjawabkan dan berbau provokasi pihak pihak tertentu. Masyarakat agar bisa lebih bisa menyaring informasi yang diterima jangan mudah percaya dengan informasi hoax karena akan menimbulkan gesekan ditengah tengah masyarakat.

Sedangkan penceramah KH Abdul Gafar menyampaikan ceramah terkait peristiwa Nuzulul Qur'an. Secara bahasa, nuzulul Quran adalah turunnya Al Quran. Secara istilah, Nuzulul Quran adalah diturunkanNya Al Quran secara sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah (langit dunia) pada lailatul Qadar. Sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa nuzulul Quran adalah permulaan turunnya Al Quran kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni wahyu pertama yang turun kepada beliau di gua Hira. Mengapa ada yang memperingati Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadhan seperti mayoritas umat Islam di Indonesia, sedangkan di negara lain ada yang memperingati pada tanggal lainnya, terang Abdul Gafar.

Terkait acara peringatan Nuzulul Qur'an yang diselenggarakan TNI/Polri, Dandim 1002/Barabai Lerkol Inf Nur Rohman Zein. S.E.,M.M berharap  Semoga dengan kegiatan ini akan lebih menguatkan jalinan kekeluargaan serta keserasian antara ulama dan umara serta masyarakat yang lebih agamis dan kegiatan ini juga untuk mempererat talisilaturahmi antara TNI-POLRI beserta seluruh elemen masyarakat Kab HST, pungkasnya.

(pendim1002).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.