Header Ads

Menjadi Narasumber Pelatihan Tanggap Bencana Skala Lokal Desa, Ini Harapan Serma Mustadi




Cilacap - Babinsa Kawunganten Lor Koramil 09/Kawunganten Serma Mustadi menjadi Narasumber dalam kegiatan Pelatihan Tanggap Bencana Skala Lokal Desa bagi RT/RW se Desa Kawunganten Lor bertempat Aula Desa Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten, Kamis (04/07/2019).

Dalam penyampaian materinya, Serma Mustadi menjelaskan bahwa bencana alam tidak bisa kita tolak apalagi kita lawan, namun yang bisa kita lakukan hanya mencegah sebelum terjadi dan hindari atau jauhi apabila terjadi. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir adanya korban. Namun yang paling penting dalam menghadapi terjadinya bencana alam adalah jangan panik sehingga dapat berpikir jernih untuk segera menyelamatkan diri.

" Untuk mencegah banyaknya korban saat terjadi bencana khususnya malam hari, saya berharap masing-masing RT supaya meningkatkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dengan melakukan ronda malam. Untuk itu saya minta para Ketua RT berperan aktif dalam kegiatan ini," kata Serma Mustadi.

Menurut pandangan Serma Mustadi, bencana itu bukan hanya dari kejadian alam saja akan tetapi administrasi keuangan dan program kerja desa juga termasuk yang harus kita waspadai, karena bila pengelolanya dilakukan dengan tidak benar, akan menimbulkan bencana yang merugikan negara.

"Saya mengajak kepada para Ketua RT, Ketua RW dan seluruh warga masyarakat Desa Kawunganten Lor agar turut mengawasi penggunaan dana desa yang saat ini sudah turun. Berikan informasi bila ada hal-hal yang sekiranya bisa menimbulkan bencana baik bencana alam maupun bencana lainnya supaya bisa kita cegah secara dini dan dicarikan solusi, "ajak Serma Mustadi.

Sebelumnya Kades Kawunganten Lor Sudarto dalam sambutannya berpesan agar para Ketua RT dan RW bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana di lingkungannya. Dia juga minta agar materi yang disampaikan para narasumber ini di pahami dengan baik sehingga bermanfaat bagi keamaman lingkungannya.

Pelatihan diikuti sebanyak 45 orang Ketua RT dan RW se Desa Kawunganten Lor dan dihadiri Babinkamtibmas Bripka Rubangi SH, Kades kawunganten Lor Sudarto beserta Para Ketua Lembaga Desa.

(Urip)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.