Header Ads

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim Klungkung Bangun 1 Unit Jamban dan MCK Untuk Warga




Klungkung, Bali,  delapanenam.com  - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1610/Klungkung di Desa Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan Klungkung dikebut terus.

Tim Satgas TMMD ke-105 Kodim 1610/Klungkung selain membuka jalan kali ini berfokus pula pada pembangunan fasilitas kesehatan khususnya Jamban atau MCK Umum bagi masyarakat Desa Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Satu unit jamban dan MCK untuk umum di Pura Pujung Sari Desa Nyanggelan yang dibangun oleh tim Satgas TMMD 105 Kodim 1610/Klk di desa tersebut pada hari ke dua baru 5 %.

“Pengerjaan jamban dan MCK di Desa Nyanggelan yang menjadi lokasi TMMD ke-105 ini diharapkan bisa membantu meningkatkan taraf kesehatan bagi warga setempat,” kata Komandan SSK, Kapten Czi Yuli Pranowo.

Ia menjelaskan, pembangunan jamban dan MCK umum dilakukan di Pura Pujung Sari Desa Nyanggelan belum ada dan sangat diperlukan oleh warga Desa tersebut, akibatnya mereka memanfaatkan aliran sungai dan kebun untuk buang hajat bila ada kegiatan adat, dan itu sangat tidak sehat.

“Dalam TMMD ke-105 ini, akan dibangun Jamban dan MCK umum sebanyak 1 unit dan saat ini pekerjaannya sudah mencapai 5 %," ujar Danki Satgas TMMD Kapten Czi Yuli Pranowo

Salah satu bendesa adat Nyanggelan Jro Mangku Nengah Suwanda mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya program TMMD ini, karena di Pura Pujung Sari dilengkapi sarana umum MCK dan jamban.

Ia pun berharap hasil kegiatan TMMD 105 akan merangsang kesejahteraan Desa Nyanggelan yang selama ini masih jauh pembangunannya dari Desa lain.

“Dengan adanya bantuan seperti jamban dan MCK Umum tentunya akan sangat membantu warga, karena selama ini warga Desa Nyanggelan mengandalkan sungai dan kebun untuk keperluan buang air besar pada saat kegiatan odalan atau adat,” ujar Kepala Desa I Wayan September. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.