Header Ads

Mahasiswa Dan Satgas Yonif RK 136/TS Berikan Trauma Healing Pada Siswa



Seram Bagian Barat, Maluku - Sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak Desa Hualoy, Tomalehu dan Latu, Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS bersama Mahasiswa Universitas Pattimura dan IAIN Ambon berikan kegembiraan dan keceriaan melalui Trauma Healing dan Penyuluhan Hukum serta Sosialisasi Kesehatan di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (Sabtu, 3/Agustus/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu (tanggal 2 dan 3 Agustus 2019), dipimpin oleh Wadansatgas Kapten Inf Hermianto yang diikuti 21 (dua puluh satu) orang Mahasiswa Universitas Pattimura dan IAIN Ambon serta didukung oleh Perwira Staf beserta jajaran SSK II Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS.

“Trauma healing, penyuluhan hukum dan sosialisasi kesehatan yang kami berikan ini merupakan suatu acara kemanusiaan yang diisi dengan berbagai macam permainan edukasi dengan tujuan untuk memberikan semangat dan meningkatkan motivasi belajar serta kegembiraan bagi anak-anak (SD dan SMP) pasca konflik komunal yang pernah terjadi di Desa tersebut” ujar Kapten Inf Hermianto.

“Kegiatan ini kami laksanakan selama dua hari, pada hari jumat tanggal 2 agustus 2019 kami laksanakan di SD Negeri 1 dan 2 Hualoy, SD Tomalehu dan SMP Negeri 11 Kairatu sedangkan untuk hari sabtu tanggal 3 agustus 2019 kami laksanakan di SD Inpres Latu dan SMP Negeri 6 Kairatu” sambungnya.

“Trauma healing, penyuluhan hukum dan sosialisasi kesehatan sangat penting diberikan, selain dapat memulihkan trauma dan ketakutan kepada anak-anak pasca konflik komunal yang pernah terjadi, kegiatan seperti ini bisa memberikan pemahaman tentang hukum dan pentingnya menjaga kesehatan bagi anak-anak sejak usia dini” jelasnya.

“Selain itu, kegiatan kali ini kami jadikan sebagai sarana silahturahmi dan anjangsana kepada tokoh agama, tokoh adat serta masyarakat yang berada di ketiga Desa tersebut, sehingga kesolidan dan kerukunan antara masyarakat dengan Satgas Yonif RK 136/TS akan selalu tertanam dengan baik” tutup Hermianto.

Saddam Malik Tubaka selaku perwakilan Mahasiswa menyampaikan “Kami dari himpunan dan organisasi kemahasiswaan Kota Ambon bersama dengan Satgas Yonif RK 136/TS mengadakan kegiatan yang diberi nama “Peduli Pendidikan” dimana didalamnya mencakup Trauma Healing, penyuluhan hukum dan sosialisasi kesehatan serta pembagian buku tulis dan pendidikan kepada anak-anak di Desa Hualoy, Tomalehu dan Latu, harapan kami semoga kegiatan ini memberikan dampak yang positif dan dapat membangun pendidikan bagi anak-anak di ketiga Desa tersebut”.

Kepala sekolah, Guru dan Tokoh Masyarakat dari Desa Hualoy, Tomalehu dan Latu sangat mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif RK 136/TS dan Himpunan Mahasiswa Universitas Pattimura dan IAIN Kota Ambon yang telah memberikan kegiatan Trauma Healing, Penyuluhan hukum dan sosialisai kesehatan.

Menurut mereka konflik yang pernah terjadi di Desa kami dapat memberikan trauma dan ketakutan pada diri anak-anak, sehingga dengan adanya kegiatan Trauma Healing seperti ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan membangunkan kembali semangat mereka untuk belajar dan bermain.

Selain itu, kegiatan penyuluhan hukum serta sosialisai kesehatan yang diberikan dapat menambah wawasan bagi anak-anak kami, sehingga bisa terwujudnya generasi muda yang cerdas, sehat dan taat kepada hukum, kami berharap kegiatan seperti ini bukan hanya diberikan kepada siswa SD dan SMP saja, melainkan juga kepada siswa SMA yang ada di Desa kami.


Pendam Pattimura

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.