Header Ads

Pelatihan Pelayanan Pasien Resiko Tinggi dan Pelayanan Pasien Terminal




Denpasar, Bali - Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ( SDM) staf medis, Bagian Pendidikan dan latihan (Diklat) Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar menyelenggarakan pelatihan internal Tentang Pelayanan Resiko Tinggi dan Pelayanan Pasien terminal di ruang rapat RS Bhayangkara Denpasar Kamis,(21/11).

Pihaknya memberikan Pelatihan ini diikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari dokter umum, perawat dan bidan RS Bahyangkara Denpasar.
Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.30 Wita diawali dengan laporan ketua panitia pelatihan Pembina dr I Nyoman Darsana,Sp.S, M.Biomed, dihadiri  Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar Kompol I Made Jaya, S.S., M.M , beserta para Kasubbag, Kasubbid, para Kaur dan Ka intasalasi RS Bhayangkara Denpasar.

Dr I Nyoman Darsana dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama antara bagian Diklat dan tim kelompok kerja ( Pokja ) akreditasi Pelayanan Asuhan Pasien ( PAP) yang mewajibkan adanya program pendidikan dan pelatihan bagi SDM RS terhadap asuhan pasien resiko tinggi dan pasien terminal di RS Bhayangkara Denpasar.

“ Secara umum kelompok pasien resiko tinggi di RS Bhayangkara Denpasar terdiri dari pasien emergency ,Pasien yang membutuhkan pelayanan resusitasi, pasien dengan peralatan bantuan hidup dasar, pasien koma, pasien dengan penyakit menular, daya tahan tubuh menurun, usia lanjut, cacat dan anak-anak, restrain, serta tempat pelayanan beresiko tinggi seperti ICU dan Hiperbarik, " terangnya.

Kompol I Made Jaya, S.S.,M.M sekaligus membuka pelatihan mengatakan kegawatan medis bisa terjadi kapan saja dan dimana saja di area rumah sakit, tidak terbatas kepada pasien , keluarga bahkan karyawan . Sehingga dengan pelatihan ini diharapkan peserta dapat menunjukan peningkatan kualitas baik pengetahuan maupun skill dalam pelayanan pasien resiko tinggi dan pelayanan pasien terminal.

“ Saya harap kepada seluruh peserta agar dengan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini sampai selesai sehingga dimana kegiatan ini merupakan wujud implementasi salah satu Comannder Wish Kapusdokkes Polri yaitu SDM professional dan berdaya saing,” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, pelatihan ini menghadirkan dua narasumber dari RSUP Sanglah yaitu dr. I Gusti Agung Ayu Kusuma Arini,MARS memaparkan materi tentang Pasien dan Pelayanan Resiko Tinggi serta dr. Ni Putu Witari ,Sp.S dengan materi Fase Akhir Kehidupan (End Of Life) dari sudut Perawatan Paliatif.

Selain pre test dan pemaparan materi, juga dilaksanakan tanya jawab dari para peserta pelatihan dan pada akhir pelatihan dilakukan post test.  (HUMAS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.