Header Ads

SDN 1 Karang Anyar Trenggalek Dinobatkan Menjadi Juara 2 Nasional Lomba Bijak Plastik





Tahun Depan Wakili Indonesia di Ajang Asean

Trenggalek, Jatim, www.delapanenam.com - Banyak orang mungkin belum tahu baru-baru ini, SDN 1 Karanganyar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur meraih juara 2 Nasional, lomba Bijak Plastik yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan swasta di tahun 2019 ini. Atas penghargaan tersebut salah satu sekolah dasar terbaik di Trenggalek ini berhak mewakili Indonesia dalam ajang yang sama di Tingkat Asean, tahun depan.

Kerja keras Sumirah, Kepala Sekolah SDN 1 Karanganyar dan segenap jajaran, komite dan para pelajar yang membudayakan peduli terhadap sampah plastik dan sampah lainnya, akhirnya membuahkan hasil mendapatkan penghargaan nasional.

Menurut Sumirah Kepala Sekolah SDN 1 Karanganyar, "bijak plastik ini merupakan kegiatan anak-anak dan para guru-guru yang berusaha keras mengurangi sampah plastik," terangnya.

"Jadi di sekolah kami ini setiap Hari Jum'at ada kegiatan Jum'at bersih yang kegiatannya adalah berburu sampah," lanjutnya, Rabu (6/11/2019) saat mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak.

Ditambahkan olehnya, berburu sampah ini meliputi sampah organik dan organik dan dari sampah-sampah  yang terkumpul ini kemudian dipilih dan dipilah kembali. Untuk sampah plastik yang mungkin masih bisa dimanfaatkan, kemudian diolah dan diamanfaatkan oleh murid-murid yang didampingi para guru untuk dibuat beberapa barang recycle seperti tas, baju dan beberapa barang lainnya.

Sedangkan untuk sampah plastik yang tidak dapat dimanfaatkan lagi, dijual ke Bank sampah yang ada di Desa Karanganyar. Menurut Sumirah, "hasil penjualan sampah-sampah tersebut kemudian ditabung di kelas masing-masing, yang pada akhir kegiatan difungsikan menyantuni teman mereka yang yatim dan yatim piatu."

Kegiatan positif ini dirintis SDN 1 Karanganyar sejak tahun 2015 lalu, ketika sekolah ini menjadi rintisan sekolah Adiwiyata yang menuju sekolah ramah anak. "Dari kebiasaan yang kita lakukan ini kita mengikuti sebuah kompetisi dari Unilever dalam rangka pemanfaatan plastik, yang kita sebut bijak plastik dan alhamdulillah kita kemarin menjadi Juara Nasional, urutan 2 dari 10 pemenang yang disampaikan di Bekasi," imbuh Sumirah.

"Setelah ini kita akan maju ke babak selanjutnya dan di tahun 2020 kita akan mewakili Indonesia dalam kompetisi serupa di tingkat Asean," tandas Sumirah.

Prestasi yang diraih oleh SDN 1 Karanganyar ini mendapatkan apresiasi dari Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad yang kebetulan meninjau Sekolah Terbuka di sekolah ini dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia.

Menurut Novita, apa yang diraih SDN 1 Karanganyar ini merupakan sesuatu yang membanggakan dan bisa menjadi pemacu sekolah lain untuk mengikuti jejak yang sama.

Istri Bupati Trenggalek ini menambahkan bijak plastik ini selaras dengan cita-cita Jargon Pemerintah Kabupaten Trenggalek Meroket. Selain Maju Ekonomi Rakyatnya, Orang dan Organisasinya Kreatif, Ekosistem Terjaga menjadi salah satu fokus penting pemerintah. Untuk menjaga ekosistim ini tentunya bijak terhadap sampah plastik menjadi salah satu poin penting dalam hal ini.

Isu pencemaran sampah plastik di Indonesia sudah cukup luar biasa, apalagi membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa mengurainnya. Dengan bijak plastik seperti yang dilakukan oleh SDN 1 Karanganyar, tentinya bisa mengedukasi masyarat untuk bijak menggunakan dan memanfaatkan plastik dalam kehidupan keseharian.  (Humas)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.