Header Ads

TNI Lumajang Dukung Program Swasembada dan Diversifikasi Pangan Lokal



Lumajang, www.delapanenam.com  – Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lumajang berupaya untuk mendukung program optimalisasi, diversifikasi (penganekaragaman), dan konsumsi pangan lokal yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E., dalam kegiatan Penghijauan Penanaman Pohon Kelor bersama masyarakat, dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Tahun Anggaran 2019, di Desa Kebonan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (1/11/2019).

Fauzi juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Lumajang merupakan wilayah agraris yang kaya dengan komoditi pangan yang berasal dari tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan, yang diperlu diverivikasi dan konsumsi pangan secara berimbang, bergizi, sehat dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan program Sigempal (Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal, red) serta dapat menggelorakan fungsi KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari, red) di lingkungan rumah tangga, sehingga dapat menunjang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Lumajang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fauzi juga menjelaskan, bahwa gerakan penanaman pohon kelor tersebut merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial Terpadu (Binter) Terpadu dari Kodim 0821 Lumajang, untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan, serta memperkuat kemanunggalan antara TNI dan Rakyat Lumajang.

“Dalam Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 pasal delapan ayat D, menyebutkan bahwa TNI juga bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui pembinaan teritorial yang meliputi penyiapan ruang, alat dan kondisi juang, agar mampu melaksanakan pertahanan negara yang bersifat semesta,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa setiap potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah harus disiapkan secara dini dan berkelanjutan, agar pada saatnya nanti dapat digunakan lebih optimal lagi untuk kepentingan negara dan masyarakat. (Pendim 0821/Phie)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.