Header Ads

Dialog Interaktif Disemenisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia




Cilacap - Perwira Seksi Personel (Pasipers) Kodim 0703 Cilacap Kapten Cpm Agus Santoso menghadiri kegiatan ceramah dan dialog interaktif tentang Disemenisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun Angggaran 2019 Angkatan I yang diselenggarakan oleh Pemkab Cilacap bertempat di Gedung Sekretariat Korpri, Jln. MT. Haryono No.66 A Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (18/12/2019).

Kegiatan ini mengusung tema " Kita wujudkan Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia untuk kesejahteraan masyarakat". Dengan narasumber Ibu Siti Yulianingsih yang membawakan materi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.75 tahun 2015 tentang rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia, dan Peraturan Kemenkumham No. 24 tahun 2016 tentang kriteria daerah Kabupaten Kota Peduli HAM.

Selain itu ada dari kalangan akademisi yaitu Dr. Riris, SH, MH dan Manunggal, SH, L.Lm Dosen dari Unsud Purwokerto yang membawakan materi kewajiban tentang tanggung jawab negara dalam pemenuhan HAM, dan bantuan hukum dalam perspektif Hak Asasi Manusia.

Selaku penyelenggara, Kabag Hukum Sekda Cilacap Hadi Wira Pamungkas, SH, M.Si mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang aksi rencana nasional hak asasi manusia kepada seluruh peserta.

"Selain itu melalui forum ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang bantuan hukum terutama bagi masyarakat miskin, disamping itu mampu menyerap menghimpun masalah yang terkait hak asasi manusia di Kabupaten Cilacap yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian dan evaluasi dalam menyusun program kerja bidang HAM, " jelasnya

"Kita patut bersyukur Kabupaten Cilacap mampu meraih penghargaan nasional sebagai Kabupaten Kota Peduli HAM, keberhasilan ini tak terlepas dari peran dan dukungan semua komponen masyarakat, TNI Polri, Kemenkumham dan segenap instansi maupun stakeholder lain yang telah bekerja keras dalam mendukung program yang telah kita canangkan," ungkap Hadi Wira.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati yang diwakili Asisten Pemerintahan Kabupaten Cilacap Dian Setia Budi, Kabag Hukum Setda Cilacap Hadi Wira Pamungkas, SH, M.Si, Kepala Kanwil  Kemenkumham Jateng Ibu Siti Yulianingsih, SH, MH, Pasipers Kapten Cpm Agus Santoso, Kaurlidik Pomal Lanal Kapten Laut (PM) Didik Suseno, Polres Cilacap AKP Bambang Sutomo, Dr. Riris, SH, MH dan Manunggal, SH, L.Lm, praktisi hukum dan peserta dari berbagai OPD, instansi yang berjumlah 75 orang.


Oke

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.