Header Ads

Siwaratri, Doa Bersama dan Malam Perenungan Dosa



Tabanan, Bali - Dalam agama Hindu terdapat Hari Raya Siwaratri, yang dilaksanakan setahun sekali setiap purwaning tilem ke-7 (sasih kepitu) tahun Caka. Hari Raya Siwaratri ialah hari suci yang digunakan dalam rangka melakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi dalam manifestasi-nya sebagai Dewa Siwa,Senin,23/01/2020

Kegiatan diawali dengan sembahyang bersama yang dipimpin Waka Polres Tabanan Ni Made Sukerti S.H.dan dilanjutkan dengan pemberian dharma wacana oleh Kementrian Agama Tabanan Ida Bagus Rai Suhardika di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan.

"Siwaratri mempunyai makna  sebagai malam pemerilina atau pelebur kegelapan dalam diri dan hati untuk menuju jalan yang lebih terang, secara tatwa sesungguhnya Siwaratri merupakan malam perenungan dosa, (bukan peleburan dosa), dengan tujuan tercapainya kesadaran diri"Ucap Ida Bagus.

 ”Secara tatwa, sesungguhnya Siwaratri itu simbolisasi dan aktualisasi diri dalam melakukan pendakian spiritual guna tercapainya ‘penyatuan’ Siwa, yaitu bersatunya atman dengan paramaatman atau Tuhan penguasa jagat raya itu sendiri"Lanjut Ida Bagus.

Hal ini adalah seiring juga dengan gagasan Kapolres untuk meningkatkan SDM yang unggul melalui pelaksanaan dan pembinaan spritual sesuai dengan Program Kapolri, sehingga  dengan sikap mental dan spritual yang baik. Setiap anggota polri senantiasa dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam hal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Humas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.