Header Ads

Tiga Pilar Kabupaten Klaten Siaga Bencana Alam



Klaten, www.delapanenam.com  - Bupati Klaten Hj Sri Mulyani di dampingi Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso S.I.P dan Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK M.I.K memimpin apel kesiapsiagaan bencana tahun 2020 di Halaman Pendopo Pemkab Klaten,  Kamis (16/1/2020). Apel kesiapsiagaan bencana diikuti TNI/Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelajar dan ratusan relawan kebencanaan di Klaten.

Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Klaten merupakan daerah yang.diberi anugerah Allah SWT dengan berbagai potensi yang dimiliki. Namun, di balik itu dari komposisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis, Kabupaten Klaten menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun non alam.

Untuk itu, kata Bupati Klaten,  diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik pemerintah, swasta, relawan dan tentu saja masyarakat dalam upaya pengurangan resiko bencana. Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus tanggap terhadap ancaman bencana bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana. Dikatakan,  penanggulangan bencana, tidak lagi hanya dititikberatkan  pada kedaruratan saja, namun upaya pengurangan resiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan seluruh pihak.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten,  Sip Anwar SE MSi didampingi Sekretaris BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto MPP,  Mengatakan,  maksud apel kesiapsiagaan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di Kabupaten Klaten seperti banjir,  tanah longsor,  angin puting beliung dan sebagainya. Pemkab Klaten Juga  memberikan bantuan tangki air roda tiga untuk lima kecamatan yakni Kecamatan Prambanan,  Klaten Tengah,  Klaten Utara,  Klaten Selatan dan Kecamatan Ceper.  Kemudian menyerahkan bantuan 17 motor roda tiga Viar untuk kelompok pengangkut sampah di kelurahan di Kabupaten Klaten.  Kemudian juga diserahkan bantuan 50 skop,  50 rompi dan 50 mantol untuk relawan di Klaten. Pungkasnya

Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, S.I.P juga memberikan pengarahan kepada peserta apel yang menekankan saat ini di Klaten sudah dibentuk Posko penanggulangan bencana,  namun semoga di Klaten tidak ada bencana alam.  Sinergitas semua relawan semoga terus dijaga dan disatukan untuk menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Turut Hadir dalam acara tersebut Hj Sri Mulyani (Bupati Klaten), Letkol Kav Minarso S.I.P (Komandan Kodim 0723/Klaten), AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK M.I.K (Kapolres Klaten), Letkol Inf Agus Adhy Darmawan (Dandodiklatpur Rindam IV/Diponegoro), Drs H Jaka Sawaldi MM (Sekertaris Daerah Kab.Klaten), Dr Ronny Roekminto M.Kes (Asisten I / Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten), Ir Wahyu Prsetyo M.Si (Asisten II / Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Klaten), SIP Anwar SE (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Klaten), Kabag Umum Pemkab Klaten (Rina Nugroho WD. AP. MH), Kabag Hubungan Masyarakat Pemkab Klaten (Wahyudi Martono S.Sos MM), Danramil dan Kapolsek se Kab.Klaten, Camat se Kab. Klaten, Paguyuban Kepala Desa Kab. Klaten, Relawan bencana Kab. Klaten.Pendim Klaten

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.