Header Ads

Dandim 0825 Banyuwangi Pimpin Penanaman Rumput Vetiver di Bantaran Sungai Pekalen



Banyuwangi, delapanenam.com - Sungai Pekalen merupakan sungai yang terletak di Desa Kebondalem dan merupakan pembatas antara kecamatan Bangorejo dan dan kecamatan Tegalsari kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan penanaman Rumput Vetiver yang di ikuti kurang lebih 280 orang tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan di lahan yang kritis atau lahan yang mudah longsor, karena rumput Vetifer ini sifat akarnya bisa mencapai kedalaman 2 s.d 3 meter.

Dengan tema "Untuk Konservasi Tanah dan Air Dalam Rangka Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) diwilayah Kodim 0825 Banyuwangi" kegiatan penanaman Rumput Vetiver dihadiri oleh Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P ( Dandim 0825 Banyuwangi ),Mayor Inf Herawady Karnawan (Kasdim 0825/Banyuwangi),Taufik Rahman, M.Si (Camat Bangorejo),AKP Bahrul Anam (Kapolsek Bangorejo),Kapten Inf Lukman Hartadi ( Danramil 0825/10 Bangorejo ),Bp. Doni Arsilo (Kabid Bina Manfaat dan Kemitraan Dinas PU),Bp. Bambang (ADM Perhutani Banyuwangi Selatan),Jajaran Danramil dan Danposramil Kodim 0825 Banyuwangi,Anggota Kodim 0825 Banyuwangi,Anggota Polsek Bangorejo dan Tegalsari,Kadis Kehutanan dan Pertanian,Kepala Desa se- Kec. Bangorejo dan Tegalsari,Masyarakat Kec. Bangorejo dan Tegalsari.

Dalam Sambutannya Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P ( Dandim 0825 Banyuwangi ) menyampaikan " Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir di tempat ini, untuk bersama sama melaksanakan penanaman rumput vetiver di lokasi daerah aliran sungai Ds. Kebondalem Kec. bangorejo dan Tegalsari Kab. Banyuwangi, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk melestarikan lingkungan di lahan yang kritis atau lahan yang mudah longsor, karena rumput Vetifer ini sifat akarnya bisa mencapai kedalaman 2 s.d 3 meter sehingga bisa menahan atau mengikat tanah agar tidak terjadi longsor".

"Degradasi daerah aliran sungai ditandai semakin meluasnya lahan kritis erosi yang digunakan untuk peruntukan lain yang berdampak luas terhadap lingkungan antara lain terjadinya tanah longsor maupun banjir, semua itu diakibatkan dari kurang efektifnya pengelolaan daerah aliran sungai terutama karena tidak adanya keterpaduan, tindakan upaya yang dilakukan oleh berbagai sektor, instansi, atau pihak yang berkepentingan dengan daerah aliran sungai, dengan fenomena tersebut beberapa upaya yang dilakukan untuk memulihkan daerah aliran sungai yaitu dengan menanam rumput vetiver, karena vetiver merupakan pencegah longsor terbaik dan penghalang terhadap aliran permukaan dan erosi, serta sudah mendapat pengakuan Word Bank bahkan PBB".  (Pen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.