Header Ads

Talut Jalan Ambrol Longsoran Tanah Hantam Tembok Rumah Warga di Hargotirto Kokap




Kulon Progo. delapanenam.com - Talut jalan jebol longsoran tanah menghantam tembok rumah milik Bapak Dulmanan yang beralamat di Pedukuhan Keji Rt.19/09, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Ambrolnya talut terjadi akibat hujan deras yang pada Jum’at sore (15/02/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

Serka Maryanto, Babinsa Hargotirto, Koramil 03/Kokap, Kodim 0731/Kulon Progo, mendatangi lokasi untuk pengecekan. Talut jalan sepanjang 8 meter, tinggi 1 meter ambrol akibat hujan deras. Ambrolnya talut mengakibatkan tanah longsor dan menghantam rumah milik Bapak Dulmanan, sehingga tembok batako jebol sepanjang 6 meter, tinggi 3 meter dan longsoran tanah masuk ke dalam rumah.  Satu buah televisi rusak akibat terkena runtuhan tembok, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Babinsa Hargotirto membantu mengamankan barang-barang berharga dan menghimbau kepada Bapak Dulmanan beserta keluarga agar waspada karena hujan masih turun, dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Kepada warga ia berpesan agar memberitahu pengguna jalan yang melewati jalan tersebut untuk berhati-hati.

Koordinasi dilakukan oleh Babinsa bersama Tokoh Masyarakat dan warga sekitar, untuk membantu melakukan pembersihan tanah yang masuk kedalam rumah.  Kerja bakti akan dilakukan siang hari dan apabila cuaca sudah memungkinkan. (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.