Header Ads

Tekan Serangan Hama Tikus Babinsa Cawas Bersama PPL Adakan Pengasapan



Klaten | Segala daya dan upaya yang di lakukan Babinsa Koramil 20 Cawas bersama PPL Cawas dan Petani untuk menekan serangan hama dari hewan pengerat tikus salah satunya menggunakan metode pengasapan, Metode inilah yang di lakukan di persawahan Desa Nanggulan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Selasa ( 12/5/2020 )
Obat pembasmi tikus yang di gunakan seperti batang dinamit namun isinya belerang,  batang sumbu dinamit itulah yang di sulut dengan api setelah berasap baru di masukkan ke lubang dan lubang keluar masuknya di tutup,

walaupun baru di gunakan Metode ini di yakini punya tingkat keberhasilan yang tinggi, sementara asapnya akan memenuhi lubang sehingga bisa membunuh tikusnya, " Ungkap Slamet  PPL Cawas

" Pengasapan ini solusi terbaik tikus akan mati di lubang tersebut sehingga petani lebih memudahkan dalam pembersihanya," Ungkapnya.

Babinsa Desa Nanggulan Serda Wahyu mengatakan, tikus sawah merupakan salah satu jenis hama tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan petani.

“ Gerakan  Pengasapan hama tikus bersifat pengendalian rutin untuk meminimalkan dampak serangan selama pertanaman padi sawah musim ini. Meski serangan tikus belum mewabah, Pengasapan perlu dilakukan agar populasi hama tikus dapat dikendalikan,” kata Babinsa.

Langkah dengan pengasapan ini baru di gelar  oleh para petani  karena dinilai bisa mengurangi jumlah populasi tikus. Selain itu warga juga menerapkan metode pembasmian dengan cara lain, seperti Gropyokan mulai memasang jebakan hingga penyebaran racun tikus.

Pendim Klaten

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.