Header Ads

Babinsa Wonosari Dampingi Petani Penyemprotan Massal Guna Sukseskan Swasembada Pangan



Klaten - Sertu Joko SM Babinsa Desa  Duwet Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten  mendampingi PPL Wonosari  saat melaksanakan penyemprotan tanaman padi di Dukuh Duwet Desa Duwet Kecamatan Wonosari kabupaten Klaten. Selasa (01/06/20)

Kegiatan Penyemprotan juga disaksikan Kades Desa Duwet Setyawan Donyanto, perangkat Desa Duwet, PPL Desa Duwet Ibu Yayuk, dan Petani Desa Duwet sekitar 20 orang Kelompok Tani Gorota.

Yayuk selaku ketua PPL mengatakan bahwa pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC) dilakukan melalui tindakan awal yaitu pengamatan dilahan agar bisa diidentifikasi secara benar dan untuk pengendaliannya, penyemprotan dilakukan dengan agensi hayati.

“Jika populasi sudah diatas ambang batas, baru penyemprotan dengan pestisida/obat kimia yang sudah direkomendasikan. Dan penyemprotannya, harus dilakukan secara serempak,” terangnya.

Ditambahkan, penggunaan pestisida tidak akan bekerja dengan baik jika penyemprotan dilakukan pada waktu yang tidak tepat. Karena pestisida tidak akan bekerja maksimal membunuh hama, atau penyakit tanaman.

Menurutnya, waktu yang tepat adalah pagi hari hingga pukul 08.00, dan sore hari pukul 15.00. Karena pestisida mudah diserap oleh tanaman, dan masuk kedalam jaringan tanaman.

“ Dengan demikian, hama atau penyakit yang menyerang akan mati ketika hama memakan bagian tanaman tersebut,” Ungkap Ibu Yayuk

Pendampingan petani dilakukan Babinsa merupakan wujud kepedulian TNI guna mendukung peningkatan produksi padi, dan salah satu cara untuk mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

kodimklaten

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.