Header Ads

Kerjasama 3 Pilar Lanny Jaya Apel Antisipasi Bencana


Polda Papua, Polres Lanny Jaya - Pemerintah Kabupaten Lanny jaya, TNI, Polri bersama elemen masyaralat melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Rabu (11/11/2020).

Apel digelar di halaman Pemkab Lanny jaya dengan pembina PLT sekda Lanny jaya di dampingi Kapolres AKBP Daniel T Prionggo dan Danyon 432 pos tiom Mayor Inf. pujo. Terlihat hadir pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam apel tersebut.


Apel kesiapsiagaan sendiri diinisiasi oleh polres Lanny jaya dalam rangka menyiapkan personil dan peralatan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam

PLT Sekda Lanny jaya Leteren Yigibalom yang bertindak sebagai Pembina apel, dalam kesempatan tersebut membacakan amanat bupati Lanny jaya Befa Yigibalom.

Dalam amanatnya, Bupati mengatakan ada dua faktor penyebab bencana alam itu terjadi yaitu pertama faktor manusia yang merusak alam, seperti para oknum yang melakukan penebangan hutan secara ilegal,pembukaan lahan baru yang ada di lereng gunung.yg merusak hutan dan menyebabkan longsor, kedua faktor alam,faktor alam kita tidak bisa mengantisipasi karena itu terjadi secara alamiah,serta untuk menghadapi fenomena terjadinya bencana alam di akhir tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19, tentunya semua harus menyikapi secara sungguh-sungguh dengan siap siaga, waspada dan antisipasi sedini mungkin di wilayah Daerah Lanny jaya, yang dalam hal ini memiliki potensi bencana alam , seperti banjir dan tanah longsor dengan segala akibat atau dampak yang dapat ditimbulkan diharapkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sekecil mungkin.

“Melalui apel kesiapsiagaan ini, beserta seluruh jajarannya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personel maupun sarana dan prasarana, untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam dan penyebaran virus Covid-19,” katanya

Dalam kesempatan tersebut pula,sekda mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah hadir, untuk  bersama-sama siap siaga menghadapi ancaman terjadinya bencana alam di wilayah Daerah Lanny jaya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Sekda menyampaikan  agar kita juga harus melakukan penghijauan  dengan memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang cara memelihara lingkungan hidup seperti tidak membuang sampah di sembarang tempat dan mengurangi aktivitas yang merusak lingkungan dan polusi.


Penulis : kurniawan N.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.