Header Ads

Sisrendal Binter 2021 Kodim 1002/Barabai



Barabai, Kalimantan Selatan - Sistem perencanaan dan pengendalian Binter merupakan suatu proses kegiatan perencanaan Binter yang dibuat secara teratur, terkoordinasi dan terpadu antar aparat Kowil dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk kepentingan kesejahteraan maupun kepentingan pertahanan negara dalam rangka mewujudkan pertahanan negara aspek darat.


Dalam rangka mewujudkan pemahaman Pemerintah Daerah dan Masyarakat tentang pentingnya aspek pertahanan dalam sistem pengelolaan pemerintahan di daerah dan kemampuan dalam menyusun produk-produk Sistendal Binter sesuai dengan prosedur dan jadwal yang ditentukan, Kodim 1002/Barabai menggelar Sisrendal Binter tahun anggaran 2021.Kamia (25/03).


Kegiatan Sisrendal Binter dilaksanakan di ruang data Makodim 1002/Barabai Jalan Telaga Padawangan Keluaran Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang dibuka oleh Plh. Pasiter Kodim 1002/Barabai Kapten Inf Moh. Alip Suroso.


Disampaikan oleh Kapten Inf Moh. Alip Suroso bahwa pembinaan Teritorial oleh TNI AD dilaksanakan dalam upaya menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan yang memerlukan sinergitas antara Satuan Komando Kewilayahan dengan Pemerintah Daerah guna menyelaraskan aspek pertahanan dan aspek yang lain sesuai kepentingan pemerintah Daerah.”ucapnya.


Menurutnya, Pembinaan Teritorial (Binter) merupakan fungsi utama TNI AD sehingga bersifat semesta melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah serta berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan seluruh rakyat Indonesia dari segala ancaman. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem perencanaan pembangunan yang dapat digunakan bagi kepentingan pertahanan maupun kepentingan masyarakat melalui sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter (Sirendal Binter).”tuturnya.


Ditegaskan pula oleh Kapten Inf Moh. Alip Suroso bahwa Program penyelenggaraan Sisrendal Binter dilaksanakan dengan tujuan mengarahkan Binter secara konsisten dan berlanjut menuju pencapaian tujuan Binter melalui sinergitas secara maksimal dengan Pemda. 


Untuk menjamin arah pelaksanaan Binter Satkowil agar dilaksanakan secara konsisten dan berlanjut menuju tercapainya tujuan Pembinaan Teritorial melalui suatu pola pikir yang konsepsional dan terpadu sehingga dapat digunakan sebagai acuan dan bahan pertimbangan yang dapat disarankan kepada Pemda melalui forum Rakorbangda.”tegasnya.(pendim1002). 

Diberdayakan oleh Blogger.