Kapolres Pasuruan Kota Hadiri Acara Penandatanganan MOU Pembangunan Lapas Terintegrasi di Kota Pasuruan - delapanenam.com

Header Ads

Kapolres Pasuruan Kota Hadiri Acara Penandatanganan MOU Pembangunan Lapas Terintegrasi di Kota Pasuruan


Pasuruan - Penandatanganan MoU Pembangunan Lapas Terintergrasi Antara Walikota Pasuruan Dengan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Timur di Hadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI dan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Senin tanggal 3 Mei 2021 sekira Pukul 11.00 Wib bertempat di Gedung Gradika Bakti Praja Jl. Panglima Sudirman No.28, Purworejo, Kota Pasuruan dilaksanakan 

 Penandatanganan MoU Pembangunan Lapas Terintergrasi Antara Walikota Pasuruan Dengan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Timur di Hadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI dan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen Pol
 

Hadir dalam kegiatan tersebut . Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Bpk. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.,  Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen Pol. Drs. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.Si.. Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Mayjen TNI Purnomo Sidi, S.I.P., M.H., M.M. . Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, M.si ,
 

Turut hadir juga  Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E. Kakaesbangpol Drs. Ec. Jonathan Jdyanto, MMT. Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Bpk. Krismono, Bc.iP., SH., MH.. Kakanwil BPN Jawa Timur Ir. H. Jonahar. M.Ec. Dev.  Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Bpk. Hanibal, Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Ibu Indah Rahayuningsih,  Kyai Mohammad Idris Hamid (tokoh ulama' kota Pasuruan/pengasuh ponpes Salaffiyah pasuruan)  Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf,  Ketua DPRD Kota Pasuruan H. Ismail M. Hasan, SE.


Selain itu turut hadir  Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, S.T.P., M.Si. Assisten I Pemerintah Kota Pasuruan Koko Ari Hidayat. S.E., S.sos. Kalapas IIB Kota Pasuruan Yhoga Aditya Ruswanto, A.Md.I.P., S.H., M.Hum, Pj. Sekda Kota Pasuruan Anom Surahno, S.H, M.Si., Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.I.K., M.Si., Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Nyarman, M.Tr. (Han), Kajari Kota Pasuruan Maryadi Idham Khalid, S.H., M.H. Ketua PN Kota Pasuruan Haries Suharman Lubis, S.H., M.H., Kepala BPN Kota Pasuruan Drs. Yuli Budiharto, M.Si, Kepala OPD se-Kota Pasuruan dan Camat se-Kota Pasuruan.
 

Kegiatan diawali dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Bpk. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P. tiba di Gedung Pendopo Kota Pasuruan Disambut Walikota pasuruan, Wakilwalikota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Dandim0819 Pasuruan dan KA Lapas IIB Pasuruan.
 

Lalu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Bpk. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P melaksanakan rapat virtual dengan MPR, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN terkait kondisi keamanan pasca peristiwa penembakan di Kampung Dambet, Distrik Beoga Kabupaten Puncak Papua.
 

Setelah itu Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, M.si , Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E dan Kakaesbangpol Drs. Ec. Jonathan Jdyanto, MMT.  beserta Rombongan Tiba di Gedung Pendopo Kota Pasuruan di sambut Forkopimda Kota Pasuruan .

Pada Pukul 12.40 Wib Rangkaian Kegiatan penandatanagan MoU Pembangunan Lapas Terintergrasi, dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya
 

Wali Kota Pasuruan dalam sambutanya mengatakan bahwa dirinya dengan segenap forokopimda kota pasuruan, mengucapkan terimakasih kepada  Mentri, Wakapolda dan dirjen lapas beserta kyai yang sudah hadir dalam kegiatan Penandatanganan MoU Pembangunan Lapas Terintergrasi.
 

"Bertemunya disini yaitu hasil dari diskusi kami setelah di lantik, karna kota pasuruan ini sebenarnya kota yang berpotensi di antaranya salah satunya Lapas IIB Pasuruan ini Kondisinya kurang memadai, dengan over kapasit" terang Walikota Pasuruan dalam sambutannya.

"Kami akan menghibahkan tanah pemkot untuk di bangun Lapas Pasuruan dan sebaliknya tanah Lapas II B pasuruan ini di Hibahkan kepada Pemkot Pasuruan untuk di jadikan museum sehingga bisa melengkapi destinasi kota pasuruan" Imbuhnya.
 

Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM Jawa Timur Dan Pemerintah Kota Pasuruan Tentang Pembangunan Lembaga Permasyarakatan Terintegrasi Di Kota Pasuruan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Bpk. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P., Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen Pol. Drs. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.Si., Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Bpk. Krismono, Bc.iP., SH., MH., Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf, Assisten I Pemerintah Kota Pasuruan Koko Ari Hidayat. S.E., S.sos.
 

Penandatanganan Kerjasama Antara Pemerintah Kota Pasuruan dan Kantor Lembaga Permasyarakatan kelas II B Pasuruan tentang Hibah Barang milik Daerah Berupa Aset Tetap Tanah Milik Pemerintah Kota Pasuruan Untuk Pembangunan Lembaga Permasyarakatan kelas IIB Pasuruan oleh  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Bpk. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P. Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen Pol. Drs. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.Si. Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Bpk. Krismono, Bc.iP., SH., MH. Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf, Assisten I Pemerintah Kota Pasuruan Koko Ari Hidayat. S.E., S.sos.
 

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen Pol. Drs. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.Si. dalam sambutannya kita laksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM Jawa Timur Dan Pemerintah Kota Pasuruan Tentang Pembangunan Lembaga Permasyarakatan Terintegrasi Di Kota Pasuruan dan Penandatanganan Kerjasama Antara Pemerintah Kota Pasuruan dan Kantor Lembaga Permasyarakatan kelas II B Pasuruan tentang Hibah Barang milik Daerah Berupa Aset Tetap Tanah Milik Pemerintah Kota Pasuruan Untuk Pembangunan Lembaga Permasyarakatan kelas IIB Pasuruan.
 

"Kami gambarakan lembaga permasyarakatan penghuni lapas dan penghuni rutan kelebihan dari 50% lebih, Sedangkan penghuni Lapas IIB Pasuruan seharusnya 200 orang tetapi dipehuni oleh 800 orang lebih" terangnya.
 

"Inilah satu hal yang sangat baik untuk lembaga permasyarakatan dengan kegiatan pembangunan Lapas IIB Pasuruan dengan rencana kerjasama ini maka akan di konsepkan adanya rehabilitasi, Pesantren dll di Lapas IIB Pasuruan, Semoga kegiatan ini akan bisa menjadi contoh kepada Lapas-lapas yang lain untuk membina warga di Lapas sehingga di lapas bisa mempunyai ketrampilan dan tidak mengulangi perbuatan yang tidak baik." Imbuhnya.
 

Dalam kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.
 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang hadir pada siang hari ini, kegiatan ini nantinya Pemerintahan Kota Pasuruan meminta kepada lembaga permasyarakatan untuk membuat rehabikitasi, ponpes dll. Lembaga permasyarakatan ini bukan seperti yang di bayangkan seperti yang dulu di hukum akan tetapi pada saat ini Penjara mengedepankan HAM" ujar Mahfud Md.
 

"Maka dari itu pada siang hari ini kita hadirkan juga Kyai-Kyai NU ataupun Muhamadyah yang nantinya bisa memberikan rehabilitasi Agama di Lapas pasuruan" Imbuh nya.
 

Rombongan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Wakapolda Jatim beserta Rombongan menuju ke Lokasi yang akan di bangun lapas intergrasi Jl. Ir. H. Juanda kel. Tapa'an Kec. Bugul kidul.
 

Pada Pukul 13.57 wib Rombongan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Wakapolda Jatim beserta Rombongan tiba di Lokasi yang akan di bangun lapas intergrasi Jl. Ir. H. Juanda kel. Tapa'an Kec. Bugul kidul

Lalu, Rombongan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Wakapolda Jatim beserta Rombongan meninggalkan Lokasi yang akan di bangun lapas intergrasi Jl. Ir. H. Juanda kel. Tapa'an Kec. Bugul kidul Kota Pasuruan Menuju Surabaya
 

Kegiatan rangkaian Penandatanganan MoU Pembangunan Lapas Terintergrasi Antara Walikota Pasuruan Dengan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Timur selsai pukul 14.10 Wib, berjalan aman lancar dan kondusif. (Abimanyu/Humas)
Diberdayakan oleh Blogger.