Penemuan Mortir Di Desa Jegu Berhasil Dievakuasi & Dijinakkan Oleh Team Jibom Brimobda Polda Bali - delapanenam.com

Header Ads

Penemuan Mortir Di Desa Jegu Berhasil Dievakuasi & Dijinakkan Oleh Team Jibom Brimobda Polda Bali

  


Polda Bali - Polres Tabanan - Humas, berkat terbangun dan  jalinannya komunikasi, koordinasi dan Sinergitas antara Bhabinkamtibmas dengan Komponen masyarakat, Penemuan benda mencurigakan yang diduga Mortir di Desa Jegu Kec. Penebel,  Tabanan berhasil dievakuasi dibawa ke Pantai Klating Kerambitan Tabanan kemudian dijinakkan oleh Team Jibom Brimobda Polda Bali.


Seijin Kapolres Tabanan AKBP Renefly Dian Candra SIK., MH., Kasubbag Humas Polres Tabanan Iptu Subagia, S.Sos., memberikan keterangan setelahnya mendapat konfirmasi langsung dan mendapatkan data lengkap dari Kapolsek Penebel AKP I Nyoman Artadana. SH., menerangkan dan menjelaskan "Benar pada hari Rabu, 11 Agustus 202 pukul 10.30 wita, ada penemuan benda mencurigakan yang diduga Mortir.


Benda mencurigakan tersebut pertama kali ditemukan oleh Saksi / pelapor I Wayan Eka Wisnawa alias Guru Mangku Dalang,  laki, umur 59 tahun, swasta, alamat Banjar Dinas Jegu Tengah Desa Jegu Kec. Penebel Kab. Tabanan, yang saat itu Saksi melaksanakan bersih-bersih dan mencangkul di Kebun miliknya di Banjar Dinas Jegu Tengah Desa Jegu Kec. Penebel Kab. Tabanan,


Penemuan tersebut di laporkan kepada perangkat Desa Jegu, kemudian Perangkat Desa Jegu menghubungi Bhabinkamtibmas untuk koordinasi dan dilanjutkan melaporkan ke Polsek Penebel, 


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Kapolsek Penebel AKP I Nyoman Artadana. SH., yang mendapat laporan, langsung turun mendatangi dan mengamankan TKP, kemudian Kapolsek Penebel koordinasi sekaligus minta bantuan kepada Team Jibom Brimobda Polda Bali untuk dapat penanganan dengan segera, 


Berkat kerjasama semua pihak, benda yang diduga Mortir tersebut berhasil diamankan, dievakuasi dan dibawa ke Pantai Klating Kerambitan untuk dijinakkan diledakkan oleh Team Jibom Brimobda Polda Bali. Team Jibom Brimobda Polda Bali yang turun menangani berjumlah  10 (sepuluh) orang  dipimpin oleh AKP Noeryadi ( Kasubden Jibom Brimobda Polda Bali)


Kronologis kejadian : pada hari Rabu,11/08/ 2021 pukul 08.00 wita, Saksi / Pelapor membersihkan dan meratakan tanah bekas tanaman rumpun bambu miliknya, sekira pukul 10.30 wita di saat Saksi mencangkul meratakan tanah, tiba - tiba Cangkulnya tersangkut benda yang mencurigakan, untuk memastikan Saksi / Pelapor mengangkat benda tersebut ditaruh diatas tanah, kemudian Saksi menghubungi I Made Adhi Setia Wirawan selaku Sekdes Desa Jegu, Sekdes menghubungi Bhabinkamtibmas Desa Jegu dan melaporkan ke Polsek Penebel untuk mendapat penanganan.


Hasil pendataan dan observasi yang dilaksanakan Team Jibom Brimobda Polda Bali bahwa "Benda yang ditemukan tersebut berupa mortir The British 2 inch (51 mm) Mark 1 namun tidak diketahui tahun pembuatan, diduga peninggalan perang, ucap Kasubbag Humas.

Diberdayakan oleh Blogger.